Membangun Kepercayaan dan Menghancurkan Ketakutan!


Sahabatku, saya rasa Anda adalah orang hebat yang benar-benar berkeingingan untuk membangun kepercayaan dan menghacurkan ketakutan yang ada sejak lama. Simak saja apa yang akan membuat sobat jauh lebih hebat lagi setelah membaca artikel ini dan menerapkannya untuk memotivasi diri sobat sendiri. Sesuatu yang sangat menakjubkan akan terjadi pada diri sobat dalam beberapa waktu saja. Percaya atau tidak? Tidak ada salahnya membaca, memahami, dan menerapkannya untuk diri sobat sekalian.

Tahukah kamu sobat? Bahwa motivasi terbesar dalam hidup ini adalah diri kita sendiri. Sesuatu akan benar-benar terjadi bila kita mempunyai harapan, keyakinan, kepercayaan, dan usaha untuk melakukannya. Namun tak sedikit orang termasuk saya pun masih dicengkram rasa takut untuk melakukan sesuatu dan ini terasa menyempitkan apa yang harus kita lakukan. Tapi jangan khawatir, ada salah satu motivasi yang dapat membangun kepercayaan dan menghancurkan ketakutan.

Ketakutan itu nyata karena itu kita harus mengenalinya sebelum dapat menaklukannya. Kebanyakan ketakutan sekarang ini bersifat spikologis, kekhawatiran, ketegangan, rasa malu, panik yang berakar dari imaginasi negatif yang salah penanganan. Tetapi bila sekedar mengetahui tempat pembiakan ketakutan tidak menyembuhkan kita dari rasa takut itu. Ingatlah ... ketakutan itu benar-benar nyata, ketakutan adalah musuh sukses no 1. Ketakutan menghentikan orang memanfaatkan peluang, ketakutan pun meletihkan fitalitas fisik yang membuat orang sakit, menyebabkan gangguan organik, memendekan umur, dan ketakutan pun menutup mulut sobat sekalin ketika sobat sebenarnya ingin berbicara. Perlu diakui hal ini memang terjadi? Ya, bahkan hampir kebanyakan orang dan termasuk saya. Namun inilah saat kita tunjukan bahwa kita bisa mengalahkan rasa takut itu.

Ketakutan ketidak pastian dan tidak adanya kepercayaan menjelasakan mengapa kita tetap menderita resesi ekonomi. Mengapa jutaan orang hanya mencapai sedikit dan menikmati sedikit? Sesungguhnya ketakutan adalah kekuatan yang ampuh. Dengan satu atau lain salah, ketakutan menghambat orang mendapatkan apa yang mereka inginkan dari hidup ini.

Tindakan megalahkan ketakutan
Sewaktu kita menghadapi kesulitan, kita tinggal di dalam lumpur hingga kita mengambil tindakan. Harapan adalah suatu awal, akan tetapi harapan memerlukan tindakan untuk mendapatkan kemenangan. Kurung rasa takut sobat, lalu ambil tindakan yang tepat. Kenapa hal ini perlu diambil tindakan? Sebab tanpa melakukan tindakan maka kita akan tetap berada dalam lumpur yakni kita akan tetap ada dalam rasa takut itu sehingga tidak ada yang mendorong kita untuk bergerak bebas.

2 langkah untuk menyembuhkan ketakutan & mendapatkan kepercayaan
1. Kurung ketakutan sobat dan kunci rapat-rapat. Tentukan secara persis apa yang sobat takutkan.
2. Kemudian ambil tindakan. Disini ada semacam tindakan untuk mengalahkan ketakutan macam apapun. Ingat, keraguan hanya memperbesar ketakutan. Maka segeralah ambil tindakan dan bersikaplah tegas.

2 Hal spesifik yang harus dilakukan untuk membangun kepercayaan melalui manajemen yang efisien atas bank ingatan sobat.
1. Depositokan hanya pikiran-pikiran positif di dalam bank ingatan sobat. Ingat pikiran-pikiran positif akan menciptakan dorongan positif ke dalam diri kita dan menciptakan hal-hal positif disekeliling kita.
2. Tarik hanya pikiran yang positif dari bank ingatan sobat. Ambillah pikiran-pikiran positif untuk menciptakan ingatan-ingatan yang positif dan prilaku yang positif pula.

Hancurkan pikiran negaif sebelum pikiran negatif tersebut menjadi monster mental. Jelas bahwa setiap pikiran negatif jika dipupuk dengan ingatan berulang dapat berkembang menjadi monster pikiran yang nyata dan menghancurkan kepercayaan serta melicinkan jalan bagi kesulitan psikologis yang serius.

Mengapa orang takut akan orang lain? Mengapa banyak orang merasa sadar diri jika berada diantara orang lain? Apa yang dapat kita lakukan terhadap perasaan ini? Ketakutan akan orang lain adalah ketakutan besar tetapi ada cara untuk menaklukannya. Sobat dapat menaklukan ketakutan akan orang jika sobat mau belajar menempatkan mereka pada perpektif yang benar. Ada 2 cara untuk menempatkan orang di dalam perspektif yang benar, yakni:
1. Miliki pandangan yang seimbang mengenai orang lain. Pandanglah orang lain sejajar dengan diri kita, tempatkan mereka sebagai orang yang penting buat kita dan tempatkan pula diri kita sebagai orang yang penting buat mereka. Baik itu sobat dengan bosnya, bos dengan bawahannya, sobat dengan sesama rekan kerjanya, sobat dengan teman akrabnya, sobat dengan bawahannya.
2. Kembangkan sikap penuh pengertian. Berikanlah pengertian kepada siapa saja, tempatkan mereka sebagai orang yang membutuhkan pengertian dari kita dan tempatkan juga bahwa kita pun memerlukan pengertian dari mereka. Bila sobat yang menjadi bos di suatu kantor dan mempunyai bawahan yang ternyata pekerjaannya masih salah atau belum selesai maka jangan menegurnya di depan karyawan yang lain. Tetapi tegurlah secara face to face (secara 4 mata) dan berilah teguran yang mendidikan/menjelaskan karena seseorang pasti punya kesalahan dan dia pun butuh pengertian dan penjelasan berupa solusi dari masalah yang dia perbuat.

Nah sobat, itulah bagaimana cara untuk Membangun Kepercayaan dan Hancurkan Ketakutan. Mudah-mudahan apa yang diuraikan tersebut dapat dipahami dan diterapkan pada diri sobat sekalian. Mulailah saat ini untuk mengambil tindakan, tindakan untuk menghancurkan ketakutan yang selama ini menjadi monster yang kerap melemahkan keberanian kita. Selamat mencoba ...




Comments :

21 komentar to “Membangun Kepercayaan dan Menghancurkan Ketakutan!”

"Assalamu'alaikum"
Sungguh artikel yang memberikan pencerahan buat saya. Thanks mas atas artikelnya. Mudah2an kita semua bisa menuju kearah perbaikan diri. Amin...!!!
"Wassalam..."

Tengku Khairil Ahsyar mengatakan...
on 

Ketakutan juga memiliki nilai positif, karena dengan rasa takut dapat menumbuhkan kewaspadaan seperti takut pada binatang buas menumbuhkan kehati-hatian. Namun rasa takut yang berbahaya adalah yang tidak berdasar, terkadang kita merasa takut pada hal-hal yang belum terjadi dan belum tentu terjadi, seperti takut kena marah atau takut gagal. Saya sepakat dengan Mas Risal, "bertindaklah". Karena rasa takut akan semakin berkembang kalau dibiarkan.

amir mengatakan...
on 

Ass wr wb. Selamat malam, kunjungan balasan. Blognya bagus Brooo.

Iklan Baris Gratis mengatakan...
on 

Nice info sob,,,,

REMO_XP mengatakan...
on 

salam sobat,,,alhamdulillah saya sklrg di ALJUBAIL.S.A,,kabar ,, baik2 dan semoga sobat disini begitu juga ya,,,

NURA mengatakan...
on 

Benar sekali ketakutan itu baru akan hilang jika kita berani menghadapi rasa takut itu sendiri, kalau tidak dihadapi maka akan terus terbelenggu dalam ketakutan. Yakini diri sendiri bahwa 'AKU BISA' dan 1 kunci penting dari saya, percayakan sama ALLAH bahwa apapun itu semua atas kehendak-Nya.

Rakhmat mengatakan...
on 

kunjungan perdana

gobang mengatakan...
on 

Sangat menyentuh hati
Nice blog.

Wulan mengatakan...
on 

salut aku mas, mas buat posting ini.... menarik sekali

ephie mengatakan...
on 

seep sob masukan bwt saya...thx

ridwan171 mengatakan...
on 

bagus, menarik dan menambah semangat! kalo boleh di bawa pulang artikelnya untuk oleh2... :D good Post! :)

tito mengatakan...
on 

nice aricel I like it's friends

hendrie k_bejo mengatakan...
on 

maksih mas atas semua artikel nya..membangun banget ni....

escampur88 mengatakan...
on 

makasih sharingnya

narti mengatakan...
on 

luar biasa

Seputar Law of Attraction mengatakan...
on 

Terimakasih sob atas saran-sarannya. Sungguh pembelajaran baru bagi saya

Download Software mengatakan...
on 

Wah artikel ini bener2 bisa memberi motivasi terutama saya pribadi ,, thanks for all

are you bored ?? mengatakan...
on 

salam..

thank ya.. da kunjungi blog saya..
nice posting...

irian

iriansyahputra mengatakan...
on 

sepakatt... hancurkan ketakutan.. bangun keberanian
jangan pernah takut untuk berbuat sesuatu, karena sumua ada hikmahnya

draxc0la mengatakan...
on 

mksh semua sobat komentar sobat semua sangat membuat sy semangat untk memosting artikel lag...

R15AL mengatakan...
on 

thank u atas artikelnya. SEMANGAT!!!!!!!!!!!!!!!

KucingTengil mengatakan...
on 

Poskan Komentar