Kegagalan Terburuk

"BENTUK TERBURUK DALAM KEGAGALAN ADALAH KEGAGALAN UNTUK MENCOBA"

Kalimat motivatif diatas dapat kita lihat di buku motivator asal Malaysia, Billi P.S. Lim. Buku ini menarik. Gaya bahasanya enak, populis, dan menyentuh kesadaran.
Kegagalan terburuk, kata kalimat di atas, adalah gagal mencoba. Artinya, kalau seseorang sudah mencoba, kemudian gagal, se-nggak2nya, itu masih mendingan. Yang gawat kalau, seseorang udah gagal di bagian start: GAGAL MENCOBA.
Gagal Mencoba bisa berlaku dalam banyak hal. Di Ramadhan, kita sudah azzamkan dalam diri, "Aku harus khatam, minimal SATU JUZ!" Kita pun mencobanya. Tapi, masih belum kesampean juga. Nah, itu masih mendingan (karena sudah mencoba). Yang gawat kita berpikir, "Waduh, 30 JUZ bo! Banyak banget!" Jadi, ngelihatnya 30 juz-nya, bukan dilihat dari waktu sebulan yang sebenarnya kalau bacaannya dicicil tiap hari, bisa juga nantinya.
Dari Ibnu Abbas r.a., beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah saw.
“Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?”
Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.”
Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?”
Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi)
Dalam menulis, ada yang ingin sekali jadi penulis. Idenya banyak banget di kepala. Tapi, nggak kunjung keluar-keluar juga tuh! Nah, solusinya gimana? Kata mereka yang udah pengalaman sih: Tulis aja sampe selesai! Kalo udah selesai, baru deh, DI-EDIT!

"Tapi, saya kok merasa berat ya?" dia bertanya.
"Emang, kamu udah coba menulis belom?"
"Belom."

Nah, gimana mau bisa, kalau sudah pesimis di awal waktu. Jangan pesimis deh, kalau mau bisa! Tamatkan minimal SATU JUZ aja satu bulan (minimal). Jangan dirasa berat. Kalau ngerasa berat, sesuatu yang ringan juga akan susah kita angkat.

.........
Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda,

“Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

Comments :

0 komentar to “Kegagalan Terburuk”


Posting Komentar