Kenapa Motivasi Bisa Luntur???

Ada orang yang bertanya kepada saya, “Pak Rahmat, saya sudah mengikuti seminar motivasi. Tapi motivasinya hanya bertahan beberapa hari. Setelah itu motivasi hilang kembali.” Saya juga punya pertanyaan, “Kemarin saya sudah makan, kenyang, tetapi mengapa sekarang saya lapar lagi?”
Dalam istilah agama, kita sering mendengar apa yang disebut dengan istilah futur. Futur adalah suatu kondisi dimana iman seseorang berkurang. Artinya apa? Iman saja bisa berkurang, apalagi motivasi. Jika keimanan kita bisa rusak atau turun karena godaan syaithan, maka motivasi pun sama. Motivasi adalah energi positif, sementara di luar sana banyak energi negatif yang berkeliaran. Energi negatif bisa menetralisir energi positif yang kita miliki.

“Sesungguhnya bagi setiap amalan adalah masa-masa rajin dan tiap-tiap masa rajin ada futur. Namun barangsiapa yang futurnya menjurus kepada sunnahku, maka sesungguhnya ia telah memperoleh petunjuk. Barangsiapa pula yang futurnya menjurus kepada selain sunnahku, maka ia telah tersesat.” (Riwayat Al-Bazzar)

Jika kita lapar, maka kita tinggal makan lagi. Jika iman kita turun atau futur, maka kita harus menumbuhkan kembali iman kita dengan meningkatkan ibadah kita. Jika motivasi kita turun, maka kita perlu menyuntik kembali motivasi kita.

“Apa harus ikut seminar terus menerus?”

Semakin sering memang semakin bagus. Tetapi bukan berarti harus terus menerus ikut seminar, kapan kerjanya? Yang lebih penting dari ikut seminar ialah melakukan atau bertindak terus menerus dalam mengaplikasikan apa yang didapat dari seminar.

Banyak yang ikut seminar, sepulang seminar materinya disimpan dan tidak pernah dibaca lagi. Bagaimana mau mengaplikasikannya? Banyak orang yang membeli buku, namun hanya tamat bab 1, kemudian buku hanya menjadi penampung debu di rak buku (sudah untung tidak menjadi ganjal pintu). Jika bisa tamat 1 buku, sudah menjadi prestasi hebat, namun akan lebih hebat lagi jika dipraktekan.

Anda tidak perlu ikut seminar yang menjanjikan akan memiliki motivasi selamanya jika Anda tidak akan mempraktekan apa yang Anda dapatkan dari seminar tersebut.

Lalu bagaimana cara mempertahankan motivasi? Jika Anda sudah mengikuti seminar motivasi, membaca buku, menonton video percaya diri, dan membaca ebook motivasi diri, maka praktekanlah apa yang Anda pelajari tersebut. Jika Anda sudah membeli ebook atau buku yang inspiratif, maka bacalah secara berulang-ulang. Tidak ada ruginya koq, malah rugi sudah membeli buku dan ikut seminar mahal tetapi tidak dipraktekkan

“Saya tidak punya waktu.”

Anda pun akan kelaparan jika Anda tidak punya waktu untuk makan (meskipun makanan itu sudah ada). Mengerti maksudnya?

Comments :

0 komentar to “Kenapa Motivasi Bisa Luntur???”


Posting Komentar