Hindari, Tipe Pemimpin Posisi

Banyak orang yang gegabah dalam memimpin. Pemimpin seperti ini biasanya, adalah orang yang memimpin orang lain  dengan hanya bersandar pada kursi kekuasaan yang dimilikinya yaitu pada jabatan atau pangkat yang ada dipundaknya. Pemimpin  ini, biasanya sering menyebar ancaman kepada orang lain sebagai senjatanya, karena merasa memiliki kekuasaan atas orang lain. Kalau kita bersama pemimpin seperti ini, yang hanya mengandalkan posisi untuk memimpin, maka semangat kerja akan menjadi rendah. Pada tipe pemimpin posisi, biasanya orang mengikuti pemimpin, karena terpaksa, satu-satunya alasan orang untuk mengikuti hanya karena faktor ekonomi. Tidak ada rasa hormat dari pengikut kepada pemimpinya. Biasanya pemimpin posisi, memiliki kesulitan yang lebih besar, ketika bekerja dengan pekerja kerah putih, orang yang lebih muda maupun dalam kelompok/organisasi yang mana faktor ekonomi tidak mempengaruhi pola hubungannya. Pemimpin yang berfikir dengan cara seperti ini, biasanya akan menghadapi masalah ketika  mengambil sebuah keputusan, karena sering mengabaikan faktor sosial dan psikologis dari orang-orang disekitarnya. Ia bukannya mendapatkan persetujuan, malah penentangan yang berkelanjutan.

http://2.bp.blogspot.com/_vHUMOBC9uaI/SQztleSa6wI/AAAAAAAAACs/1FHiVn0P6mE/s320/Pemimpin+dengan+boss.jpg



Kalau, dalam sebuah organisasi/kelompok sosial yang tidak didasarkan pada gantungan ekonomi, kita menemukan seseorang yang sangat dihormati, pendapatnya didengar dan dengannya orang-orang cepat setuju atas pendapat yang dikemukakan, orang ini pasti bukan pemimpin posisi. Mengapa? Karena ia dapat mempengaruhi kita  tanpa memiliki kekuasan ekonomi terhadap diri kita. Kenapa ada rasa hormat, rasa percaya terhadap orang seperti ini?.
Tidak mudah memperoleh rasa hormat dari seseorang kepada kita. Orang yang memperoleh rasa hormat dan kepercayaan dalam sebuah organisasi sosial, biasanya kalau kita perhatikan, ia memiliki kemampuan. Kemampuan disini, tentu terkait dengan kelompok/organisasi dimana orang tersebut berada. kalau ia berada dalam kelompok mengambar, ia akan menunjukan kemampuan menggambarnya. kalau ia berada dalam kelompok photografi, ia akan menunjukan kemampuan photografinya. kalau ia berada dalam kelompok menulis ia akan tunjukan kemampuan menulisnya. Kemampuan ini ditunjukan secara konsisten dan bertanggung jawab. Ia juga akan menunjukan kemampuannya dengan memberikan prestasi, yang menumbuhkan rasa bangga kelompok/organisasi dimana ia berada. Hal lain, orang seperti ini biasanya mempunyai kemampuan yang baik dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Ia berkomunikasi, merangkul dan memotivasi semua orang tanpa batasan sosial didalamnya. Orang ini sadar betul, bahwa komunikasi yang efektif akan menumbuhkan pengakuan dan pengakuan akan menumbuhkan pengaruh. Terakhir, orang seperti ini akan benar-benar menjaga integritasnya, karena ia sadar betul bahwa ketika kejujurannya dipertanyakan, maka kemampuan yang telah ditunjukan dan hubungan yang telah dibangunnya tidak akan ada artinya.
http://sukrino.files.wordpress.com/2009/10/investasikebajikan.jpg
Kalau kita menemukan orang seperti ini, dalam organisasi/kelompok dimana kita  berada, seharusnya kita bersyukur karena kita dapat belajar darinya untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan kita. Sehingga ketika suatu saat kita mendapatkan kepercayaan untuk menjalankan suatu jabatan, kita tidak hanya mengandalkan posisi kita untuk mengatur atau mengarahkan orang lain. Kita juga akan selalu menegok bagaimana hubungan kita dengan orang lain, prestasi yang telah dicapai dan bagaimana membantu  orang lain untuk berkembang.  Proses pertumbuhan ini, tentu tidak akan dapat kita capai dalam sehari tapi berhari-hari dan terus menerus.

Catatan, gambar diambil dari google.

Comments :

0 komentar to “Hindari, Tipe Pemimpin Posisi”


Posting Komentar