Pemimpin Adalah Pengaruh

Ketika orang lain memberikan nasihat atau sebuah cerita, kita akan mengingatnya dan hal itu sebenarnya adalah sebuah pengaruh. Ketika seorang teman mengatakan sesuatu dan hal tersebut kemudian diingat, itu pun adalah sebuah pengaruh. Atau hal-hal kecil lainnya yang mempengaruh Anda dan berhasil mengubah cara hidup Anda. Begitupun sebaliknya, Anda memberi pengaruh kepada orang lain melalui sikap, perbuatan dan perkataan Anda. JR Miller mengatakan: “Ada pertemuan yang hanya sesaat namun meninggalkan kesan seumur hidup. Tak ada seorang pun yang bisa memahami hal misterius yang kita sebut pengaruh, namun setiap orang di anatara kita terus-menerus memberikan pengaruh. Apakah untuk menyembuhkan, untuk meninggalkan bekas keindahan, ataupun melukai, atau menyakiti, meracuni, bahkan mencemari kehidupan orang lain, dsb.”



Terlepas dari kedudukan resmi Anda sebagai pemimpin, maka perlu disadari bahwa setiap kata yang terucap, setiap langkah yang dibuat, selau akan menimbulkan pengaruh kepada orang lain di sekitar Anda. Segala perbuatan dan tingkah laku yang Anda perbuat akan menciptakan diri Anda menjadi seorang pemimpinkah atau tidak sama sekali. Seorang pemimpin, bagaimanapun tipikal dan gaya kepemimpinannya, semuanya bergantung pada prinsip yang dianutnya. Sebaliknya, lingkungan akan bisa membuat Anda menjadi seorang pengikut, disadari atau tanpa disadari. Orang yang tidak memiliki prinsip akan sangat mudah terpengaruh. Setiap hari Anda akan terus berjalan di tengah padang rumput yang dipenuhi oleh ranjau-ranjau (pengaruh) yang berbahaya yaitu ranjau-ranjau yang mempengaruhi pikiran Anda.

bisaanya orang yang memiliki prinsip kuat nan teguh akan menjadi seorang pemimpin besar, melalui pengaruhnya yang kuat. Apabila seorang tidak memiliki prinsip, bisa dipastikan bahwa mereka akan manjadi seorang pengikut saja. Tak peduli prinsip itu benar atau salah, tetap akan ada pengikutnya. Contoh mudah: Stalin dan Lenin yang memiliki puluhan juta pengikut yang menganut aliran komunis. Begitulah, suara hati dan prinsip yang benarlah yang sesungguhnya akan menyelamatkan diri Anda dari kenistaan dan kehancuran. Suara hati dan prinsip yang benarlah yang akan membuat Anda menjadi seorang pemimpin sejati.

Take from ESQway165 Book

Comments :

0 komentar to “Pemimpin Adalah Pengaruh”


Posting Komentar